Wednesday, January 16, 2013

Apa Sih Yang Menarik Dari Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis - Apa sih  yang menarik dari desain rumah minimalis? Elegan, Simpel. Dan: lain dari pada yang lain. Dan Tentu saja lain dari pada yang lain, kalau sekitar lingkungan Anda tidak ada rumah minimalis. Tetapi jika seluruh lingkungan anda bergaya minimalis, pasti tentu akan jadi seragam lagi.

Lebih dari sekedar model atau gaya rumah, minimalis seharusnya  mencerminkan gaya hidup Anda dan keluarga. Jika tidak, konsep minimalis tidaklah  konsep yang cocok untuk rumah Anda. Pertanyaannya: gaya hidup seperti apa yang sesuai dengan konsep model minimalis?

1. Anda lebih mengutamakan yang esensial, yang pokok, dari pada segala assesoris atau hiasan. Bahasa lainnya: ambil yang kira-kira penting saja, fungsional. Jika itu bukan hal yang penting, boleh dibuang atau dihilangkan. Penerapannya di dalam desain minimalis, contohnya di ruang duduk:coffee table, sofa , credensa mungkin sudahlah cukup. Assesoris ukiran tidak esensial bagi  seorang yang bergaya minimalis. Dekorasi rumah seperti halnya vas bunga, lukisan dipilih seminimal mungkin. Dan ditaroh sebagai aksen agar penampakan rumah tidak membosankan. Tetapi juga tak penuh dengan barang. Di atas meja mungkin bisa sebuah vas bunga yg simple sudah lebih dari cukup. Di dinding, diletakan satu atau dua lukisan atau foto mungkin sudah lebih dari cukup.

2. Anda lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas. Sedikit tetapi bermutu. Diterapkan di dalam desain berarti: dari pada banyak barang, model desain minimalis hanya menggunakan yang benar-benar berguna dan diinginkan. Ruang banyak di biarkan lega karena sebagai bagian dari interior itu sendiri. List plafon tidak lagi diperlukan. Apalagi yang banyak ukiran dihindari. Justru bertemunya antara plafon dan dinding yang dibuat rapi lebih diutamakan.

3. Anda mencintai kebersihan. Anda tak biasa melihat sebuah meja makan yang penuh dengan makanan atau  piring sepanjang waktu. Anda tak dapat membiarkan kitchen set penuh dengan banyak piring kotor. Anda tak bisa membiarkan ruang tidur yang sangat berantakan ketika sudah tidak dipakai. Anda kurang nyaman berada di kamar mandi yang terus basah sepanjang waktu. Diterapkan dalam desain: artinya Anda ingin menjadikan semua sudut diruangan atau dirumah dapat mudah dibersihkan. Tak ada permukaan sulit dijangkau jika ingin dibersihkan.

Apakah Anda adalah seorang yang sesuai punya rumah bermodel minimalis? Cobalah periksa di kamar tidur anda atau di ruang tamu. Seberapa banyak barang yg tidak esensial berada di situ? Kalau terdapt banyak foto, ada begitu banyak hiasan, ada begitu banyak sovenir yang Anda letakan, bisa jadi Anda tidaklah cocok dengan model rumah minimalis.

Sulahkan cek juga di meja makan Anda: Apakah Anda sering  membiarkan makanan/minuman dan ada di atas meja makan anda sepanjang waktu? Atau, Anda lebih senang  meja makan yang bersih kosong tanpa taplak dan hanya ada makanan di saat makan. Setelah selesai makan, semua anda dibersihkan. Mungkin Anda cocok untuk punya rumah minimalis. Akan tetapi, Jika Anda mengoleksi  barang-barang Antik. Jangan memaksakan membuat sebuah rumah minimalis.




No comments:

Post a Comment